4:35 PM
13
Ranking yang tertulis di bawah ini berdasarkan dengan urutan reputasi internasional*

1. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo mendapat gelar peringkat tertinggi di Asia, dan menduduki peringkat ke-21 di dunia (berdasarkan Ranking Akademik Universitas Dunia). Dalam survei lain, Universitas Tokyo menduduki peringkat ke 6 di dunia.

Universitas Tokyo mulai berdiri sejak jaman Edo sebagai institusi akademik, misalnya Astronomy Agency (1684). Jumlah pendaftar mencapai 30,000 orang (6.5% ) mahasiswa asing.




















2. Universitas Kyoto

Universitas berikutnya adalah universitas Kyoto, yang merupakan universitas tertua keduadi Jepang. Sama seperti Tokyo, Kyoto juga merupakan salah satu kota besar di Jepang, namun Kyoto mempunyai unsur klasik dengan memiliki ribuan kuil.



















3. Universitas Osaka

Osaka juga merupakan salah satu kota terbesar di Jepang. Universitas Osaka menduduki peringkat ke-43 di dunia. Program studi unggulannya antara lain : hukum, sains, teknik, dan pendidikan dokter.






















4. Universitas Keio

Keio adalah universitas tertua di Jepang, resmi berdiri tahun 1858. Alumninya banyak yang berkecimpung di dunia politik Jepang, contohnya tiga orang yang pernah menjadi perdana menteri Jepang.
Universitas Keio cukup mendapat pengakuan dari dunia, dengan  mendduduki urutan ke-320 (berdasarkan 2012 Times Higher Education World University Rankings).





















5. Institut Teknologi Tokyo

Jika Indonesia mempunyai Institut Teknologi Bandung (ITB), Jepang juga mempunyai institut teknik semacam ITB. Institut Teknologi Tokyo menduduki ranking ke-37 dunia dalam kategori perguruan tinggi teknik.





















6. Universitas Hokkaido

Merupakan universitas kecil di daerah Sapporo, menduduki urutan ke 139 di dunia (berdasarkan QS World University). Coba lihat gedungnya, tetap memperhatikan penghijauan kota ya :) . Konstruksi gedung seperti ini sudah mulai diikuti oleh Perpustakaan  dan gedung fakultas rumpun kesehatan Universitas Indonesia.





















7. Universitas Tohoku

Universitas Tohoku sering menduduki 50 besar universitas terbaik dunia. Universitas Tohoku mempunyai tiga prinsip penting : melakukan penelitian terlebih dahulu, kebijakan terbuka dan berorientasi praktek dan pendidikan.




















8. Universitas Nagoya

Universitas Nagoya mempunyai prinsip penting , yaitu mempromosikan intelektual dengan keberanian dengan cara menyediakan pendidikan yang menghargai pemikiran independen. Prinsip tersebut ternyata tidak sekedar wacana, karena 4 alumninya memperoleh 4 nobel ternama.

Universitas Nagoya juga dikenal dunia karena sangat memelihara kesehatan lingkungan kampus. Saat ini, diperkirakan terdapat 13% mahasiswa Universitas Nagoya adalah orang asing



















9. Universitas Tsukuba

Merupakan salah satu universitas tertua di Jepang (1872). Tradisi akademiknya yang kuat membawanya ke dalam 10 besar universitas terbaik di Jepang. Universitas Tsukuba mendduduki urutan ke-172 di dunia (berdasarkan QS World University Rankings). Kampus Trukuba merupakan universitas dengan area terluas di Jepang (636 yar persegi).



















10. Universitas Kobe

Walaupun tergolong universitas baru, namun Universiats Kobe sudah mendapat reputasi baik di Jepang. Universitas Kobe berdiri setelah perang dunia ke II tahun 1949





















13 comments:

  1. Cool... Tohoku University selalu masuk top 10. Sughoii...

    ReplyDelete
  2. klo mw lanjutin master di jepang untuk jur. mathematics education univ yg baik apa yach????
    thx be4

    ReplyDelete
  3. semoga bisa cepat study di salah satu univ yang ada kesana ........

    ReplyDelete
  4. sayang tidak dilengkapi dengan link ke website resmi unversitas masing-masing.

    ReplyDelete
  5. woww, pengen masuk ke Universitas Tokyo. kira-kira ada beasiswanya gk yaa??

    ReplyDelete
  6. saya pernah dapet kertas link-link website universitas2 di jepang, karena terlalu banyak, belum sempat saya posting ;-(

    ReplyDelete
  7. saya berharap bisa dapat Beasiwa Kulia di Osaka.. :D

    ReplyDelete
  8. Pengen rasanya abis SMA/SMK lanjutin universitas di jepang..tapi duitnya kaga ada :D

    ReplyDelete
  9. kira-kira berapa biaya nya ya kalo mau kuliah di jepang ...???

    ReplyDelete
  10. Kyoto I must go to there

    ReplyDelete