10:34 PM
2
Konbanwa minna~ :D apa kabar? Saya mau sharing tentang cara membuat purikura untuk yang kedua kalinya, karena ternyata rating post tentang purikura di blog saya cukup tinggi.

Sebelumnya saya telah menjelaskan tentang apa itu purikura dan bagaimana membuat foto kita menjadi ala purikura secara online tanpa harus repot-repot foto di mesin purikura (karena saya sendiri belum pernah menemukan mesin foto purikura di Indonesia -,- ), yaitu dengan 'Puricute' . Saya sarankan untuk baca kedua artikel tersebut sebelum menyimak artikel kali ini pada link berikut ini :
Apa itu purikura?
Mengedit foto ala Purikura dengan Puricute

Done? Oke, sekarang kita lanjutkan.

Selain puricute, ternyata juga ada aplikasi yang menawarkan fitur yang hampir sama, yaitu Punykura . Hanya saja, penggunaanya agak lebih rumit daripada Puricute, tapi hasilnya juga tidak kalah lucu kok dengan Puricute :) Bagaimana cara mengaksesnya?

1. Kunjungi http://purikura.me   , lalu kalian akan tertuju pada halaman seperti ini (klik gambar untuk memperbesar)


2. Pilih foto dengan mengklik B (memilih  foto yang sudah ada dan tersimpan di komputer) atau A (mengambil foto baru). Kalau saya memilih B.

3. Jika sudah maka muncul tampilan seperti ini


wah ternyata gambarnya jadi agak rusak (jagged) karena resolusi gambar saya yang kecil terlalu diperbesar. Jika terjadi seperti itu, klik Adjust Pic untuk memperkecil gambar ke ukuran yang seharusnya.

4. Pada dasarnya penggunaan Punykura tidak jauh berbeda dengan penggunaan Puricute. Punykyra menyediakan icon menu yang bisa kamu gunakan untuk menghias fotomu.


a. Take Photo dan Load Photo : untuk mengganti foto yang telah di upload dengan foto lain
b. Adjust Pic : Mengubah ukuran foto sesuai keinginan
c. Done : Di klik setelah mengedit foto benar-benar sudah selesai, tujuannya untuk mendapatkan kode html foto kamu.
d. Print : Mencetak foto kamu setelah selesai di edit
e. Stamps : Menambahkan gambar-gambar lucu, gambar bisa berbentuk statis (diam) atau animasi
f. Frames : Menambahkan bingkai/frame
g. Draw : Unsur terpenting dalam purikura, yaitu menu untuk membuat tulisan, coretan-coretan, dan lain-lain pada foto kamu. Warna dan ukuran bisa di ubah. Cara menggunakannya seperti Puricute
h. Text : Menambahkan tulisan-tulisan Jepang atau Kaomoji (smiley Jepang) yang sudah disediakan. Jika kamu tidak tau arti tulisannya tenang saja, ada terjemahan dalam bahasa Inggrisnya kok :D

5. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan Punykura
a. Usahakan menghindari penggunaan menu Delete atau Undo karena kadang kala membuat eror.
b. Ketika kamu mengklik menu dan muncul scroll bar seperti ini (misalnya ada pada menu text)


scrollbarnya agak sulit digeser. Untuk menuju ke bawah, maka geserlah scrollbar ke atas, begitu juga sebaliknya.

6. Jika sudah selesai, ada 3 pilihan untuk mendapatkan gambar.
a. Klik menu Done jika kamu ingin mendownload foto

b. klik menu Print Jika kamu ingin langsung mencetak gambar



7. Jika kamu memilih menu Done, maka kamu akan diarahkan ke halaman ini untuk memberi nama foto dan deskripsi foto.


jika sudah, klik Done


8. Setelah itu akan muncul tulisan





9. Foto kamu akan muncul. Untuk mendownloadnya, klik kanan foto > Save Image As > Save

10. Fotonya sudah selesai ~





itu contoh yang saya buat. Kalian pasti bisa membuat yang lebih kreatif lagi :D maaf kalau jelek, saya buru-buru membuatnya -,-

Sekedar info, Punykura katanya bisa digunakan di Android. Saya belum coba, tapi untuk kalian yang Android user coba klik button berikut saat berada di web Punykura



Oke sekian tutorial dari saya ~ mohon maaf jika hingga akhir bulan April saya tidak membuat artikel baru di blog, karena saya akan sangat sibuk dengan Ujian Nasional untuk kelulusan, Ujian Sekolah, Ujian Praktek dan lain-lain (T_T) I'm 3rd year high school. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags : cara mengedit foto purikura, Japan Photobox, Photobox Jepang, Kawaii photo Editor, Japan photo editor

2 comments:

  1. ko punyaku gak ada icon text japanese nya sih? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok, coba di cek lagi :-) kalo bener2 ngga ada mungkin webnya udah di update dan mungkin fitur icon itu diganti sama icon lain

      Delete