7:11 AM
0
Apakah diantara kalian ada yang akan pergi ke Jepang atau menetap disana selama beberapa lama? Jika iya, jangan lupa untuk mencoba foto dengan Purikura. Apa sih Purikura itu? Atau diantara kalian ada yang hobi fotobox bareng teman-teman? Kamu harus tahu dulu tentang Purikura.

Purikura adalah singkatan dari "purinto kurabu" (print club), merupakan salah satu fenomena budaya orang Jepang modern (terutama budaya para gadis Jepang masa kini), dimana para remaja dapat melakukan photobox bersama teman-temannya dan kemudian dapat mengedit sendiri foto tersebut secara digital dengan coretan dan frame lucu. Purikura bisa disebut juga photobox ala Jepang. Sekarang, saya akan menunjukkan sebuah demonstrasi menggunakan Purikura.


Step 1: Cari lokasi purikura
Biasanya purikura terdapat di sekitar area game center atau di tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Purikura bukan mesin yang bisa keliling-keliling, jadi kamu harus menemukannya di daerah yang berpenduduk ramai, misalnya Sannomiya dan Umeda. Disana banyak terdapat mesin Purikura, misalnya sebagai berikut.


Step 2: Pilih mesinnya
Setiap mesin mempunyai sedikit perbedaan background foto, pencahayaan, dan pengaturan dalam pengeditan foto, dan beberapa mesin biasanya lebih bagus dari yang lain. Berikut ini adalah mesin purikura yang cukup bagus.


Step 3: Masuk ke dalam box purikura dan bayar
Foto dengan Purikura membutuhkan biaya 400 yen. Akan lebih baik jika kamu foto berdua atau berempat dengan teman-temanmu. Mengapa? Ketika foto dicetak, hal ini akan membuat kamu mudah dalam menggunting dan membagi sama rata hasil foto tersebut dan lebih mudah untuk patungan membayar purikura (misalnya ada 4 orang, masing-masing membayar 100 yen). Lagipula, space dalam box purikura sangat kecil, paling tidak hanya muat hingga 4 orang.



Step 4: Berfoto
Duduk dan menghadaplah ke sebuah layar dengan kamera. Disana terdapat macam-macam option, misalnya memlilih background yang kamu mau. Seiring dengan itu, mesin tersebut akan berbicara pada kamu dengan suara yang imut dan terdapat musik lucu. Suara lucu tesebut akan menghitung mundur saat kamu berpose untuk foto, "3, 2, 1". Jangan lupa untuk mengatur posisi sedemikian rupa agar tidak ada wajah yang terhalang oleh satu sama lain. Kamu masih sempat menata rambut dulu kok :D . Kamudian, foto yang sudah diambil oleh kamera akan ditayangkan di layar. .


Step 5: Waktu untuk berfoto sudah habis~
Berikut gambar situasi dalam box purikura.



Step 6: Tinggalkan box purikura dan kunjungi 'rakugaki corner' (tempat dimana kamu dapat mengedit hasil foto).
Pada gambar berikut, kamu dapat melihat box purikura (kiri) serta rakugaki corner di sampingnya (kanan).


Step 7: Tentukan siapa yang akan mengedit foto duluan
Disana hanya ada dua pena untuk mengedit foto. Jika kamu berfoto lebih dari 3 orang, kamu harus bergantian untuk mendapatkan giliran mengedit.  Berikut tampak luar rakugaki corner.



Step 8: Edit foto
Pertama, pilih foto yang akan kamu edit. Kamu hanya diberi waktu kira-kira 200 detik yang akan dihitung mundur oleh mesin (jika di dalam box purikura sedang ada grup lain yang berfoto). Namun, jika pada area box foto sedang kosong, timer untuk mengedit foto akan berhenti menghitung dan kamu bebas mengedit foto selama apapun hingga ada grup lain yang masuk ke dalam box purikura dan berfoto. 


Step 9: Lanjutkan mengedit foto sebebas mungkin
Kamu bisa menulis kosakata, menambah stamp, menambah sentuhan glitter, macam-macam bentuk dengan banyak pilihan. Pada beberapa mesin purikura yang bagus, kamu bahkan bisa mengubah warna rambutmu atau temanmu, juga warna mata! :D



Step 10: Saat waktu mengedit habis, tinggalkan rakugaki corner
Lihat lagi gambar pada step 6, disana terdapat layar lain untuk menentukan ukuran foto yang kamu mau. Ini penting. Hasil foto purikura hanya ada satu lembar yang terdiri dari beberapa foto. Selayaknya berfoto di fotobox Indonesia, kamu harus menentukan jumlah foto dengan ukurannya yang sesuai agar hasil fotonya dapat kamu bagi rata dengan teman-temanmu. Kamu juga dapat memasukkan email kamu bilamana kamu ingin agar foto tersebut dikirim ke handphone kamu. Hal ini biasanya tidak akan membuat kamu mendapatkan spam dan bisa dibilang aman untuk kamu :D . Tunggu beberapa menit dan lembaran foto akan dicetak~


Step 11: Gunting foto purikura
Jika lembar foto dicetak, seperti biasa, kamu harus mengguntingnya sendiri. Kamu tidak perlu bawa gunting, karena disana sudah disediakan.


Step 12: Dekiagari! Purikura sudah jadi!
Contoh foto purikura yang sudah jadi dari demonstrasi tadi :

lembar foto purikura juga merupakan stiker, oleh karena itu, gadis remaja Jepang menempel purikuranya di notebook lucunya, sehingga teman-temannya bisa melihat. Sisa lembaran dengan gaya foto yang sama dapat diberikan ke teman, dipajang di handphone, disimpan di dompet, atau hanya stuck terdampar di kamar kamu selamanya :D lol

source : http://mokudekiru.com

tags : Fotobox Jepang, Purikura, Japan Photobox, Photobox Jepang, Kawaii Photobox

0 comments:

Post a Comment