2:20 PM
2

Untuk teman-teman yang masih kelas 1 SMA / sederajat, ada kabar baik untuk kalian yang ingin belajar ke luar negeri, termasuk Jepang. Apakah kalian pernah mendengar program AFS atau JENESYS? Untuk tahu apa itu AFS dan JENESYS secara lengkap, kalian bisa mencari informasinya di google. Intinya adalah, kedua program tersebut adalah program yang dapat membantu kalian untuk bisa menjadi siswa pertukaran pelajar di luar negeri. AFS menyediakan lebih banyak Negara tujuan, seperti Jepang, Amerika, Perancis, Jerman, Swiss, Italia, dll. Sedangkan JENESYS hanya menyediakan Jepang sebagai Negara tujuannya.



Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa klik disini. Kalian akan terhubung ke website Bina Antar Budaya Jakarta. Di website Bab Jakarta, kalian bisa mendownload formulir pendaftaran dan lembar-lembar persyaratannya. Tahun 2011 ini Bina Antar Budaya juga mengadakan tahapan seleksi program-program pertukaran pelajar tersebut di beberapa daerah di Indonesia mulai bulan Maret hingga Juli. Mudah-mudahan, tahun-tahun berikutnya masih diadakan program seperti itu.

Biasanya para siswa SMA yang ingin mengikuti program tersebut akan mulai mempersiapkannya sekitar bulan Maret hingga April. Nah, kalian bisa memulai untuk mencari banyak informasi di kurun waktu tersebut. Jika sudah selesai mendaftar, nantinya akan diadakan 3 kali tes seleksi. Saya sendiri sudah gugur di seleksi pertama tetapi ada sekitar 6 teman satu angkatan saya dari SMAN 38 Jakarta yang lolos dan sayangnya mereka gugur dI seleksi  tahap akhir, tapi mereka hebat sekali lho!

Jika kalian lolos hingga seleksi terakhir, maka kalian akan diberangkatkan ke Negara tujuan sekitar awal tahun ajaran baru pada saat kalian mulai kelas 3 SMA. Kalian akan belajar di luar negeri dan tinggal bersama orang tua asuh selama 2 minggu  atau bahkan 1 tahun. Kalian tidak usah pusing memikirkan biaya, karena Bina Antar Budaya akan berusaha mencarikan sponsor untuk anak-anak terpilih yang mereka berangkatkan
. Siswa SMAN 38 tiap tahunnya ada saja yang berhasil lolos dan diberangkatkan lho! Sayangnya untuk tahun ini belum ada. Dan mudah-mudahan tahun depan ada yang berhasil lolos .
Semoga artikel ini bermanfaat. Ayo persiapkan diri kalian!!

Tags : Beasiswa SMA Jepang, Pertukaran pelajar Jepang

2 comments:

  1. mau tanya, itu tes nya pakai bahasa jepang atau bahasa inggris?
    pelajaran apa aja yang di teskan?

    mohon jawabannya yaa

    ReplyDelete
  2. pelajaran yang diujikan kalo nggak salah bahasa inggris (semacam TOEFL), pengetahuan umum sama menulis essay. selamat mencoba :)

    ReplyDelete