8:06 AM
0
Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang apa itu purikura dan bagaimana cara menggunakan mesin purikura (baca dulu disini). Berikut kutipan pada artikel tersebut.

Purikura adalah singkatan dari "purinto kurabu" (print club), merupakan salah satu fenomena budaya orang Jepang modern (terutama budaya para gadis Jepang masa kini), dimana para remaja dapat melakukan photobox bersama teman-temannya dan kemudian dapat mengedit sendiri foto tersebut secara digital dengan coretan dan frame lucu. Purikura bisa disebut juga photobox ala Jepang. 
Tapi, apakah untuk mendapatkan foto ala purikura mengharuskan kita untuk mencari mesin purikura di Jepang? Oooh tidak perlu! Karena ada beberapa situs yang menyediakan fitur pengeditan foto ala purikura secara online! :D Saat ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana mengedit fotomu di www.puricute.com



1) pertama, buka www.puricute.com

2) Klik "Make a picture". Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan foto


3)Jika halaman sudah terbuka, kamu akan diminta untuk mengupload foto yang akan kamu edit. Click "Browse" lalu upload foto tersebut.(Saya gunakan foto AKB48 untuk sample ^_^ supaya objeknya kawaii)



4)Tunggu proses upload sampai 100%



5)Setelah proses upload selesai, tampilan hamalan pengeditan akan seperti ini



6) kolom sebelah kiri menyediakan frame-frame lucu, silakan pilih yang kamu suka lalu klik pilihan kamu :D saran saya, cukup pilih kategori 'puripicks' dan 'show : all', agar semua frame di puricute langsung muncul semua. (lihat gambar diatas)

7)Kolom disebelah kanan adalah clip art untuk menghiasi foto kamu. Klik clip art lalu stamp ke foto yang di edit. (lihat gambar diatas)


8) Di bawah foto editan, terdapat box pengaturan seperti gambar berikut


di toolbox tersebut, kamu bisa melakukan beberapa settingan yang tinggal kamu coba-coba saja. Namun, saya akan menjelaskan beberapa hal yang perlu kamu tahu, yaitu pengaturan yang saya highlight di atas :

a. Soften Photo
Gunanya adalah mencerahkan foto (lebih tepatnya membuat foto terang berlebihan dan sedikit memudar). Menurut saya, efeknya membuat foto jadi tidak bagus. Dan sangat disayangkan, jika kamu sudah terlanjur mengklik dan ingin membatalkan penggunaan Soften Photo, kamu tidak bisa meng-undo pengaturan tersebut. Mau tidak mau, kamu harus mengupload foto dari awal dengan meng-klik 'Use a different Photo' di bagian atas foto editan


b.Pen Color
Gunanya untuk memberikan coretan/tulisan kamu sendiri, misalnya tulisan-tulisan dengan kosakata bahasa Jepang, huruf hiragana, gambar, atau apa saja. Ini merupakan fitur khas dari purikura. Fitur ini masih bisa di undo.

c. Brush Size
Merupakan pilihan ukuran brush atau kuas yang digunakan untuk fitur pen color

9)Klik 'publish photo' jika kamu sudah selesai mengedit. Setelah itu kamu harus menunggu hasil foto kurang lebih 2 menit. Be patient :)

10)Untuk mengambil hasil foto, kamu harus sign up dulu.



11)Step terakhir! Kamu akan melihat tampilan halaman seperti ini.



Klik Save to JPEG file. Gambar akan terbuka. Klik kanan mouse kamu dan klik 'Save image as...' dan...ini dia hasilnya!



Selamat mencoba!

Tags : Cara mengedit foto purikura, Japan Photobox, Photobox Jepang, Kawaii photo editor, Japan Photo editor

0 comments:

Post a Comment