10:16 AM
0

Inilah beberapa tips yang saya dapatkan dari forum 'Kompas' untuk travelling ke Jepang, yaitu dari Cencen yang mau berbagi pengalamannya.

1. Dari Indonesia, booking tiket jauh-jauh hari (sebelumnya cek dulu harga pesawat yang sedang low-price, usahakan untuk mendapatkan harga tiket promo), hindari high-season, misalnya natal, tahun baru.

2. Harga tempat penginapan di Jepang (Hotel), relatif mahal sekitar ¥.8.000,- keatas perhari (biasanya di Jepang ,hitungannya per-orang , bukan per-kamar). Jadi saya sarankan kalo ingin menghemat budget boleh coba Hostel , salah satunya www.sakura-hostel.co.jp , masih banyak sebenarnya. Disitu terdapat info harga dan service yang diberikan .

3. Untuk Train terdapat terbagi berbagai macam jenis ,seperti :
Tokyo : JR, Subway, Mita, dan lain-lain (jenis kereta tergantung tujuan perjalanan Anda)
(jika Anda sedang tidak terburu-buru, bisa gunakan one-day pass ticket), bisa dibeli di tempat mesin pembelian tiket (disana ada tulisan one-day ticket), bisa digunakan untuk keliling kota Tokyo dalam waktu sehari (lebih baik daripada beli tiket dari satu stasiun ke stasiun lainnya, jauh lebih mahal ).

4. Apabila benar-benar ingin menikmati liburan, coba hindari high-season, karena kebanyakan tempat akan sangat ramai dikunjungin orang-orang, terutama tempat objek wisata akan dipenuhi banyak orang (sangat ramai)

5. Kalo mau ke Tokyo Disneyland (sekedar informasi), untuk kaki Camera (yang panjang), sebaiknya tidak usah dibawa, karena akan tidak diperbolehkan. Biasanya mereka akan menyuruh sewa loker, untuk meletakkan kaki camera tersebut, sebelum masuk ke dalam are Tokyo Disneyland. Makanan juga tidak boleh dibawa kedalam, jadi tinggal bagaimana trik Anda untuk menyembunyikannya

6. Jika ingin makan kenyang dengan biaya yang tidak terlalu mahal, Anda bisa coba "Tabehodai" (makan sepuasnya), biasanya hampir selalu ada di bagian luar stasiun, seperti ikebukuru, shinjuku, shibuya, ueno, dan lain-lain.  Di restoran terdapat menu yang menawarkan makan sepuasnya dengan harga relatif terjangkau sekitar atau diatas ¥.1000,- per orang (disekitar objek wisata biasanya harga tabehodai lebih mahal). Sebaiknya sebelum masuk ke restoran, lebih baik tanya dulu apakah menu hari ini 'all u can eat'? Karena tidak semua rest menyediakannya . Untuk kaum muslim jangan lupa tanya daging yang disediakan jenis daging apa (maaf sebelumnya).

7. Disini www.jorudan.co.jp/english/ bisa didapati informasi , harga tiket kereta tujuan yang Anda inginkan.(harga normal), dan nama stasiun harus diketahui sebelumnya.

8. Sebagai solusi lain dari harga penginapan yang mahal, coba hubungin teman Anda yang tinggal di Jepang (jika ada), agar bisa menumpang untuk sementara :D

9. Di Jepang ada yang namanya "Bolantia", yaitu orang-orang yang kerja sosial alias tidak digaji. Mereka sangat antusias dan mau membantu para orang asing yang di Jepang. Saya pernah dengar dari teman, di tiap daerah biasanya ada Bolantia, jadi Anda bisa bertanya pada Bolantia tersebut dimana bisa mendapatkan tempat tinggal sementara (dengan harga yang sangat murah, saya belum pernah mencobanya, hanya mendapat info dari teman ). Bolantia ada di setiap daerah atau per wilayah. Jika  bergabung dengan bolantia ini biasanya pada event-event tertentu mereka suka mengadakan acara, contohnya ke Gunung Fuji selama dua hari satu malam dengan biaya hanya ¥.6.000/orang (sudah termasuk: Bus, makan, hotel, dan lain-lain). Murah banget kan? (sekedar solusi untuk mendapatkan harga murah )

0 comments:

Post a Comment