8:25 PM
0


Konbanwa ~ minna-san, bagaimana kabar kalian? Hehe, saya sudah lumayan lama tidak menulis blog lagi. Walaupun libur, entah kenapa rasanya tetap banyak kerjaan =.= 
Oh iya, hampir lupa, sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat berpuasa ya! :D mumpung saya sedang berhalangan untuk shalat tarawih dan menganggur, saya ingin melanjutkan artikel saya yang sebelumnya, yaitu Talking About Love in Informal Japanese (Part I) . Kali ini saya menulis beberapa ungkapan ketika pergi tamasya atau jalan-jalan dalam bahasa Jepang non formal. Semoga bermanfaat!


Note : Tanda (#) untuk laki-laki, tanda (*) untuk perempuan, tanda (=) bisa diucapkan oleh laki-laki dan perempuan. Di bawah terjemahan bahasa Indonesia yang informal, sengaja dilampirkan bahasa formalnya agar bisa diterjemahkan dengan baik ke dalam bahasa lain ketika menggunakan google translate.


Tuh orang lucu
(Orang itu lucu sekali)
= Koitsu omoshiroi

Tolong kenalin tuh orang dong
(Tolong perkenalkan orang itu)
= Soitsu shoukai shite kure

Tuh orang bener-bener baek
(Orang itu sangat baik)
# Ano yarou jitsu ni ii yatsu da
*Aitsu jitsu ni ii yatsu da

Muter-muter naik mobil yuk
(Ayo jalan-jalan naik mobil)
= Doraibu ni iku?

Gimana kalo nonton?
(Bagaimana kalau nonton ke bioskop?)
= Eiga wa dou?

Gak ada yang mau nemenin nih
(Tidak ada yang mau menemani)
= Issho ni shite kureru yatsu inai yo

Pasti menarik deh
= Zetee omoshiroi kara

Siapa aktris/ aktor/ artis kesukaan lo?
(Siapa aktris/ aktor/ artis favoritmu?)
= Suki na jyoyuu/ dan-yuu/ haiyuu wa?

Pertunjukkan berikutnya jam berapa?
= Tsugi no shoo wa nanji?

Masih ada waktu
= Mada jikan aru

Masuk ke barisan yuk
(Ayo masuk ke barisan)
= Retsu ni hairou

Tunggu di sini ya
(Tunggu di sini)
= Koko de mattete

Percaya gue deh
(Percayalah padaku)
= Makasete

Biar gue beli tiketnya
(Biar saya beli tiketnya)
= Chiketto o kawasete

Mau ke karaoke gak?
(Bagaimana kalau kita karaoke?)
= Karaoke baa e ikanai?

Duduk di samping gue!
(Duduk di sebelahku!)
# Ore no soba ni suware

Deketan sini
(Mendekatlah)
= Yosete

Btw haus nih
(Ngomong-ngomong, aku haus)
= Tokorode, nodo kawaita

Lapar
# Hara heta
* Onaka suita

Gue tau tempat yang keren banget lho
(Aku tahu tempat yang keren sekali lho)
# Sugee suteki na toko shitteru zo

Mau pesen
(Aku mau pesan)
= Chuumon suru

Mau makan/ minum apa?
= Nani taberu/ nomu?

Ini nih, enak lho
(Yang ini, rasanya enak lho)
# Kore saa, umai zo
* Kore saa, oishii zo

Coba makan deh...
# Kutte miro...
* Tabete mi...

Bayar masing-masing aja yuk
(Bayar masing-masing saja)
= Warikan ni shiyou

Bonnya disatuin saja
(Bayarnya digabung saja)
= Kanjou issho ni shiyou

Sukur bisa ketemu
(Syukurlah kita bisa bertemu)
= Aete yokatta

Kapan-kapan ngumpul lagi yuk
(Ayo, kapan-kapan kita bertemu lagi)
= Itsuka mata atsumarou

Sampe ketemu lagi!
(Sampai jumpa!)
= Mata aou

To be continued...

0 comments:

Post a Comment