12:34 AM
1
Jepang mempunyai segudang aturan dan etika. Sepintas mungkin terkesan terlalu mengikat, ya. Tapi jangan khawatir, ternyata ada beberapa sikap kurang sopan yang justru dianggap lumrah di Jepang, bahkan dianggap sopan.

1. Berteriak di Restoran
Ketika kamu ingin memanggil pelayan restoran, kamu bisa berteriak "sumimasen!" (excuse me!). Ini merupakan hal yang dianggap lumrah, dan si pelayan akan dengan sigap menghampiri Anda.




2. Saling dorong di Kereta
Terlalu padatnya kereta ataupun stasiun Tokyo memang tidak bisa dimaklumi lagi. Untuk bisa masuk dan keluar kereta, mau tak mau para penumpang pun berdesak-desakan dan saling mendorong. Hal ini sudah biasa dilakukan, karena para penumpang juga selalu on time dalam kesibukannya.



3. Tidak Memberi Tip
Di Jepang, memberikan tip kepada pelayan atau pemberi service lainnya  dianggap tidak sopan, karena diartikan sebagai merendahkan harga diri si penerima tip. 



4. Tidak Membukakan Pintu
Membukakan pintu yang dimaksud adalah membukakan pintu untuk perempuan. Mungkin dalam beberapa budaya mengenal tradisi "ladies first", misalnya seorang pria membukakan pintu untuk mempersilakan wanita masuk ruangan terlebih dahulu. Di Jepang tidak ada tradisi seperti itu. Ini bukan berarti bahwa laki-laki Jepang tidak gentleman. Mereka hanya menganggap bahwa membukakan pintu untuk wanita tidak ada hubungannya dengan kejantanan seorang pria.



5. Memperhalus Bahasa
Orang Jepang tidak biasa untuk menyatakan sesuatu secara langsung pada intinya atau "to the point". Mereka lebih suka untuk basa-basi dulu dengan maksud untuk memperhalus ungkapan mereka kepada lawan bicara. Untuk mengungkapkan suatu hal yang menyinggung lawan bicara, mereka juga melakukan hal yang sama, bahkan sampai ditutup-tutupi. Misalnya, orang Jepang akan bilang bahwa bahasa Jepang Anda baik, walaupun sebenarnya bahasa Jepang kamu sangat buruk. Masyarakat non Jepang yang terbiasa to the point dalam bicara mungkin malah akan merasa sebal dan sedikit terhina jika mengetahui hal ini, karena dianggap seperti ironi. Ya, tapi memang inilah perbedaan budaya yang sedikit mencolok. Menyinggung sesuatu secara to the point malah dianggap tidak sopan di Jepang. Mungkin memang sebaiknya begitu untuk beberapa hal, tapi tidak dalam semua hal. Namun dalam budaya barat, berbicara terlalu banyak basa-basi dan tidak to the point malah dianggap tidak sopan. Ini tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa orang Jepang tidak pernah menyatakan apa yang mereka pikirkan secara jujur. Tapi pada kenyataannya, mereka benar-benar melakukan itu



6. Mengambil Sushi Langsung dengan Tangan
Ternyata ini dianggap lumrah untuk memakan sushi jenis apapun. Hanya saja hal ini lebih lumrah dilakukan oleh laki-laki daripada perempuan.



7. 'Menyeruput' Makanan / Minuman
Ketika kamu memakan mie yang panas atau dingin (semisal ramen, soba dan udon), menyeruputnya sekencang mungkin dianggap sah-sah saja. Beberapa orang yang non-Jepang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan budaya ini



1 comments: