8:42 PM
0


Sebelum memulai untuk membuat manga, ada hal yang perlu Anda ketahui. Manga di Jepang memiliki banyak genre, bisa didasarkan dengan umur pembaca, isi bahkan jenis kelamin pembaca. Sebelumnya saya pernah menjelaskan Genre Manga Berdasarkan Pembaca dan Isi (silakan di cek), namun ada beberapa genre yang belum sempat saya tuliskan, yaitu :


  • Jidaigeki : Manga ini berisi cerita kolosal, misalnya Jepang pada waktu lampau. Cerita manga genre ini tidak jauh dari action dan battle. Contoh jidaigeki yang terkenal di Indonesia adala Rurouni Kenshin.
  • Mecha : Manga ini mengisahkan tentang tokoh-tokoh robot raksasa, misalnya Gundam, Voltron dan Big O. Cerita manga mecha berorientasi kepada pertarungan besar antar robot dan usaha untuk menyelamatkan dunia
  • Bishoujo : Mungkin ini adalah yang paling populer. Karakter tokohnya biasanya kawaii dan cute, misalnya Hamtaro dan Hello Kitty.
  • Bishounen : Karakternya adalah cowok-cowok cute yang sifatnya pun seperti perempuan (kemayu). Manga yang termasuk kategori ini misalnya Peach Girl dan X/1999 by CLAMP.
Setelah membaca genre manga yang saya jelaskan, maka Anda harus menentukan genre apa yang akan Anda gunakan untuk membuat manga Anda, karena genre sangat menentukan karakter tokoh yang akan Anda gambar.  Sekian dulu tutorial manga di malam minggu yang saya tulis, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mengikuti tutorial manga Japan Segment ya! Cek di Manga Tutorial

0 comments:

Post a Comment