8:12 PM
0

Melihat animo beberapa masyarakat Indonesia yang sangat ingin untuk bisa menggambar manga, saya jadi tergugah untuk mulai berbagi tentang cara menggambar manga. Jika Anda datang kesini untuk menambah skill Anda dalam menggambar manga, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai manga tutorial yang akan saya sediakan :

1. Tutorial disini hanya untuk membantu Anda agar bisa mengembangkan skill Anda dalam membuat karakter manga Anda sendiri, bukan untuk mengajarkan Anda bagaimana cara menggambar karakter mangaka lain, misalnya Sailor Moon, Sweet Lollipop, Naruto, etc. Buatlah karakter manga Anda sendiri, jangan terlalu meniru karakter manga buatan orang lain. 

2. Pembaca dengan level skill apapun boleh mengkritik, berkomentar, dan memberi saran. Baik Anda seorang beginner atau mangaka dengan skill tinggi, Anda bisa melakukan hal-hal tersebut. Itu semua demi meningkatkan kualitas tutorial yang saya berikan, toh saya sendiri juga masih dalam proses belajar. Tapi ingat, etika dalam berkomentar dan memberi kritik juga diperhatikan. Gunakanlah bahasa yang baik, sopan dan benar.


3. Instruksi yang terdapat pada tutorial manga disini bukanlah satu-satunya cara Anda untuk menggambar. Walaupun saya memberikan step untuk menggambar manga, berusahalah untuk menemukan cara Anda sendiri dalam menggambar manga. Percayalah, hal itu dapat meningkatkan skill Anda dalam menggambar.

4. Seberapa jauh kemampuan yang Anda dapatkan, itu semua tergantung Anda sendiri. Tergantung apa? Minat dan seberapa besar usaha Anda. Jangan cepat menyerah dan bosan. Saya sendiri belajar menggambar manga sejak umur 6 tahun dan belum berhenti belajar hingga sekarang. Memang butuh waktu lama, tapi waktu akan menjawab usaha Anda.

Selamat belajar :) tunggu artikel saya berikutnya. Cek terus tutorial manga disini pada label Manga Tutorial

0 comments:

Post a Comment