3:19 PM
0

Jika kamu menjumpai toko kelontong yang terus buka jam berapapun bahkan pada larut malam di Jepang, itulah convenience store atau dalam bahasa Jepangnya ''Konbini".

Ini adalah toko kelontong modern. Toko-toko semacam ini sangat bersih, terang benderang dan juga nyaman karena menjual beraneka macam barang. umumnya toko ini mempunyai luas lantai penjualan hanya sekitar 100 meter persegi, namun barang yang dijual ada sekitar 3000 jenis produk, yang terbanyak adalah keperluan sehari-hari. Sangat menyenangkan bagi orang sibuk seperti karyawan kantor dan orang-orang muda yang hidup sendiri. Bagi mereka, toko ini bagai kulkas yang siap dibuka kapan saja.

Selain itu, toko ini juga tidak hanya tempat berjualan saja, tapi banyak yang juga sebagai tempat melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan modern, seperti membayar tagihan rekening listrik, telepon, air ledeng, gas, dan kita juga dapat mengirim surat (sebagai agen dari pos), fotocopy, mengirim faks sampai mengambil uang melalui ATM yang dipasang di dalam toko. Pemilik toko memang mengerti benar konsumen sehingga barang-barang yang dijual selalu baru agar dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup yang baru.



Apakah di Indonesia juga punya konbini? Hmm...mungkin kalau di Indonesia, Indomaret, Alfamart, dan minimarket sejenis bisa juga disebut konbini. Bahkan konbini macam Lawson dan 7eleven sedang menjamuri daerah di kota-kota besar di Indonesia. Tapi sepertinya konbini di Indonesia tidak menyediakan fasilitas lengkap yang saya jabarkan seperti di atas, ya. Contoh lain konbini yang banyak di jepang adalah Heart In, Family Mart, Ministop, ASsooNAS, am-pm, dan lain-lain

0 comments:

Post a Comment