8:33 PM
0
Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama muslim, termasuk saya, pasti ada yang penasaran  dengan kondisi masjid di negara yang notabene penduduk muslimnya menjadi golongan minoritas. Kali ini saya mencoba mengupas rasa penasaran tersebut dengan mengulas tentang masjid yang berdiri di Jepang.

Di berbagai tempat, masjid menjadi pusat komunitas muslim. Umat muslim bersama-sama menunaikan solat, mengaji, membaca Al-Quran, dan memperdalam pengetahuan agama mereka.

Di Jepang, ada sekitar 60 masjid (berdasarkan data Desember 2010), yang sebagian besar  dibangun 20 tahun terakhir. Masjid yang pertama dibangun adalah masjid Kobe (dekat Osaka) tahun 1935. 

Masjid Kobe tahun 1935

Masjid yang kedua dibangun di Tokyo tahun 1938. 
Masjid Tokyo

Setelah tidak ada pembangunan masjid selama 30 tahun berikutnya, tahun 1960 beberapa masjid mulai dibangun kembali di Jepang. Pesatnya pembangunan masjid dimulai setelah tahun 1990, dimana para pendatang beragama muslim (yang kebanyakan datang pada tahun 80-an) memerankan perkembangan ekonomi di Jepang. Para pendatang muslim ini rata-rata menikah dengan orang Jepang yang akhirnya menjadi muallaf (orang non-islam yang masuk islam). Komunitas muslim Jepang berkembang pesat. Masjid menjadi pusat komunitas kecil, tersebar di seluruh Jepang. 

Anak-anak sedang belajar bahasa Arab

Masjid di Jepang tidak hanya menjadi tempat untuk beribadah, tetapi juga untuk memperdalam ilmu agama terutama bagi para muallaf dan generasi muda. Sebagian besar masjid menyediakan fasilitas untuk wanita dan anak-anak.


Masjid yang hanya sekitar berjumlah 60 tersebut pada kenyataannya belum memenuhi kebutuhan fasilitas beribadah umat muslim di Jepang, karena masih banyak umat muslim di Jepang yang kesulitan untuk menemukan masjid, terutama para umat muslim yang hanya menetap sementara di Jepang (misalnya mahasiswa). Sebagian besar dari mereka rata-rata harus menempuh jarak yang jauh untuk menuju masjid. Link dibawah ini diharapkan bisa membantu Anda untuk menemukan masjid terdekat di lokasi tempat Anda menetap di Jepang.





0 comments:

Post a Comment