4:03 PM
0
Maid cafe (メイド カフェ Meido kafe) adalah restoran cosplay yang mulai menjamur di jepang pada awal tahun 2000 an dan pertama kali muncul di Akihabara, Tokyo. Seperti namanya, maid cafe merupakan cafe di mana para pelayannya adalah wanita muda dan cantik yang mengenakan seragam maid.
Berbeda dengan cafe pada umumnya, disni pengunjung diperlakukan selayaknya tuan rumah yang baru saja pulang. Hidangan yang dijual antara lain  cake, es krim, atau spaghetti, sedangkan minumannya adalah teh, kopi, cola, atau minuman beralkohol. Setiap makanan yang diantarkan akan diberi "genki power-up". "Genki" arti harafiahnya adalah sehat, jadi "genki power-up" adalah yel-yel yang diucapkan para maid agar sang pengunjung tetap sehat dan bersemangat.

Ada beberapa ungkapan yang sering terdengar di maid cafe. "Irrashaimase” (Selamat datang) adalah kata yang biasa diucapkan saat pelanggan datang, tapi, di maid cafe mengucapkan “Okaerinasaimase, Goshuujin-sama” (Selamat Pulang, Goshuujin-sama). Goshuujin-sama dapat berarti Tuan atau Master . Ketika pengunjung akan meninggalkan Cafe, para Maid akan mengucapkan “Itterasshaimase” yang artinya “Selamat Jalan”. 



Dengan biaya ekstra maka pelanggan juga akan mendapatkan pelayanan ekstra seperti pijat punggung/ foot therapy, disuapi saat makan & foto bersama . Selain itu pelanggan diharuskan mengikuti aturan-aturan yang ada, seperti untuk tidak merendahkan pelayan atau melanggar privasi pribadinya


Kebalikan dari maid cafe, butler cafe adalah kafe yang pelayannya adalah laki-laki, meskipun dengan konsep yang diusung sama.
Jika kamu ingin datang ke maid cafe, siap-siap merogoh kocek cukup dalam karena ada beberapa tempat yang untuk masuknya sekitar 400 yen untuk 30 menit. Makanan yang disediakan di maid cafe sepertinya dibanderol dengan harga yang mahal (bagi orang Indonesia). Sebagai contoh di maid cafe AFA (Anime Festival Indonesia) ID 2012, Omurice dan curry rice dijual seharga Rp 150.000, sedangkan strawberry short cake dan chocolate mousse cake diberi harga Rp 110.000


Cowok-cowok ada yang berminat kesana? XD siap-siap ketemu pelayan yang model begini


Di Indonesia, maid cafe juga ada. Yang saya tahu hanya Irasshaimase Cafe yang lokasinya di Bandung. Namun, seringkali maid cafe juga ada di J-fest besar yang diadakan di kota besar di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment