9:48 PM
2

Ketika diadakan suatu seminar lingkungan hijau yang menghadirkan dosen-dosen Jepang, mahasiswa Jepang dan mahasiswa UNAS di sekolah saya, tiba-tiba saja saya ditunjuk menjadi MC dadakan di hari H. Mau tidak mau secara dadakan juga saya harus membuat susunan acara yang notabene mesti menggunakan bahasa Jepang, karena rata-rata orang Jepang tidak pandai dalam berbahasa Inggris -_-

Setelah diberi kesempatan untuk membuat dalam waktu 1 jam, akhirnya jadi juga susunan acaranya ^_^ (pasang kembang api). Untungnya saya mendapat bantuan dari Andri-san, teman yang kebetulan kuliah sastra Jepang. Berikut ini contoh susunan acara yang saya buat, semoga bisa membantu Anda


1) Sambutan dari pihak UNAS (Nasionaru daigaku kara shoutai)
2) Sambutan dari mahasiswa Jepang (Nihon no daigakusei no shoutai)
3) Sambutan dari kepala sekolah (Gakkou no bucho no shoutai)
4) Sambutan dari SMA 38 (38 no koukougakkou no shoutai)
5) Penampilan tari saman (Shaman odori ga atte)
6) Pemaparan presentasi (Puresentasion no hapyou)
7) Diskusi (Toogi)
8) Penutup (Fuuta)
9) Tamu dipersilakan makan (Okyakusan wa suwattemoii)
10) Terima kasih atas kedatangan dan kepercayaan dari Universitas Indonesia  untuk mengadakan penelitian di SMA 38 (SMA 38 no houhou ni kuru tame ni, Indoneshia Daigaku ni arigatou to tomoushimasu)
--> Acara selanjutnya adalah... (Tsugi no banggumi wa...)


2 comments: